Home » » 8 Pemain Sepakbola Belanda Berdarah Indonesia

8 Pemain Sepakbola Belanda Berdarah Indonesia

Written By Anonim on Selasa, 28 Mei 2013 | 23.19

[lihat.co.id] - Keterikatan sejarah selama kurang lebih 300 tahun lamanya membuat banyak warga negara Belanda memiliki garis keturunan Indonesia. 
Saat ini diperkirakan terdapat 500 ribu orang di Belanda yang memiliki keterikatan dengan Indonesia, dan besar menjadi salah satu kelompok minoritas yang dinamakan Indisch-Nederlanders atau orang Indo di Belanda.

Tak mengherankan jika banyak pemain sepakbola Belanda yang masih keturunan Indonesia. Beberapa di antaranya sukses menjadi tulang punggung Timnas Belanda seperti Giovanni van Bronckhorst, 

Kapten Oranje di Piala Dunia 2010. Tak hanya itu, ada juga pemain muda Belanda keturunan Indonesia yang menjadi ujung tombak utama Timnas Belanda U-16.Banyak sekali nama pemain belanda yang mempunyai garis keturunan Indonesia

beberapa nama populer di antaranya seperti daftar berikut ini 8 Pemain Sepakbola Belanda Berdarah Indonesia  seperti dilansir lihat.co.id dan bola.net

1. Demy de Zeeuw

[lihat.co.id] - De Zeeuw pesepakbola berkebangsaan Belanda yang masih memiliki garis keturunan Indonesia. Pemain berusia 30 tahun ini berposisi sebagai gelandang dan pertama kali membela timnas Belanda senior pada tahun 2007. Saat ini De Zeeuw bermain membela FC Spartak Moskwa.


2. Denny Domingoes Landzaat

[lihat.co.id] - Landzaat menjadi pemain reguler di Timnas Belanda antara tahun 2001 hingga 2008. Saat ini pemain berusia 37 tahun ini bermain untuk Twente.

3. Giovanni van Bronckhorst

[lihat.co.id] - Giovanni Christiaan van Bronckhorst atau lebih akrab disapa Gio adalah tulang punggung Timnas Belanda antara tahun 1996-2010. Gio memperkuat timnas pada berbagai turnamen internasional sejak Piala Dunia 1998 hingga Piala Dunia FIFA 2010. Malahan di Piala Dunia 2010 ia dipercaya sebagai Kapten Timnas Belanda.

Dia membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 dengan enam kemenangan berturut-turut selama kualifikasi. Di final, Belanda kalah dari Spanyol dengan skor 1-0. Setelah Piala Dunia 2010, Van Bronckhorst memutuskan untuk pensiun dan hanya menjalani karier di Feyenoord.

Gio merupakan peranakan Maluku. Ayahnya, Victor van Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya Fransien Sapulette berasal dari Saparua, Maluku. Gio masih bisa menggunakan Bahasa Indonesia, meski tidak terlalu fasih.

4. John Heitinga

[lihat.co.id] - John Gijsbert Alan Heitinga saat ini bermain untuk Everton di English Premier League. Pemain berusia 29 tahun ini tercatat pernag memperkuat Timnas Belanda di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010.

Heitinga mengawali karier di akademi sepakbola ARC dan Ajax. Selain sebagai bek tengah, ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Sebelum bergabung dengan Everton pada September 2009, Heitinga pernah bermain untuk Ajax dan Atletico Madrid.


5. Nigel de Jong

[lihat.co.id] - De Jong gelandang bertahan andalan Timnas Belanda pada gelaran Piala Dunia 2010 lalu. Saat ini De Jong bermain untuk klub raksasa Italia, AC Milan. Sebelumnya pemain berdarah Suriname ini memperkuat Manchester City dari tahun 2009-2012.

Hingga bulan Juni 2011, De Jong telah bermain 54 kali dan mencetak 1 gol untuk tim nasional Belanda. Ayahnya, Jerry de Jong adalah mantan pemain PSV Eindhoven dan pernah tampil tiga kali memperkuat timnas Belanda.


6. Robin van Persie

[lihat.co.id] - Van Persie adalah produk akademi Feyenoord yang saat baru saja meraih trofi EPL bersama Manchester United. Sukses bersama Feyenoord mengantarkan Van Persie ke Eropa untuk merumput bersama dengan Arsenal sebelum akhirnya berlabuh ke Setan Merah di musim panas tahun lalu.

Debut RVP (panggilan Robin Van Persie) berbaju Timnas Belanda saat bertemu Rumania pada tanggal 8 Juni 2005, dipromosikan setelah sebelumnya menjabat kapten di Timnas Belanda Junior.

Dipercaya jika Van Persie memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Jawa, selain itu ia juga memiliki darah Suriname dan Antilles (sebuah negara di Karibia yang merupakan bekas jajahan Belanda).

7. Mark van Bommel

[lihat.co.id] - Mark Peter Gertuda Andreas van Bommel adalah pesepakbola dengan segudang pengalaman bermain di kompetisi Eropa. Gelandang berusia 36 tahun ini pernag bermain untuk Barcelona, Bayern Munich, AC Milan sebelum akhirnya kembali ke PSV.

Bommel pertama kali masuk tim nasional sepak bola Belanda pada tahun 2000. Hingga 25 Agustus 2006 ia telah bermain 40 kali di tim nasional dan mencetak 7 gol. Bommel juga menjadi bagian skuad Oranje di Piala Dunia 2006. Dia termasuk dalam sekian banyak pesepakbola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia.


8. Ezra Walian

[lihat.co.id] - Jika ada pemain muda keturunan Indonesia yang paling menarik dibicarakan dia adalah Ezra Walian. Ezra adalah pemain keturunan Indonesia di tim junior Ajax B1 berhasil menjuarai kompetisi Eredivisie untuk kategori usia U-17 Belanda. Pemain kelahiran 22 Oktober 1997 ini menyumbangkan gol terbanyak di antara pemain Ajax lainnya.

Usianya belum 16 tahun. Dia menjadi striker andalan timnas Belanda, U16 yang sedang melakoni laga persahabatan empat negara di Portugal. Pada pertandingan lawan Austria (09/2) berakhir imbang 1-1. Dan saat meladeni Skotlandia (10/2), Ezra dan kawan-kawan meraup kemenangan 3-0. Ezra berhasil mencetak satu gol untuk kemenangan Belanda.

Ayah Ezra, Glenn Walian, adalah seorang pria keturunan Indonesia. Glenn Walian yang berasal dari Jakarta adalah direktur sebuah biro konsultan asuransi dan finansial. Sementara ibunya yang asli Belanda, kini sudah tiada. Karenanya setiap mencetak gol, Ezra selalu mempersembahkan gol yang dicetaknya kepada almarhumah ibunya.

Lahir di Belanda, Ezra tak bisa begitu saja melupakan Indonesia. Malahan dalam wawancara dengan media Singapura, ia mengatakan selalu merasa terhubung dengan Indonesia. "Dengan darah Indonesia yang saya miliki, saya selalu merasa dekat dengan Indonesia," ucap Ezra kala itu. Ditambahkan Ezra belum tertarik main di Indonesia. Ia sekarang lebih fokus untuk karir profesional di Belanda.

Selain Ezra, ada satu lagi nama pemain muda keturunan Indonesia di Timnas Belanda Junior, Keziah Veendorp. Berbeda dengan Ezra, Keziah Veendorp dikenal sebagai defender tangguh di akademi Groningen Belanda Utara. Dari garis ibu, Keziah berasal dari keluarga Latupeirissa yang berakar di Maluku.

29 May, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/05/8-pemain-sepakbola-belanda-berdarah.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

1 komentar:

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS